Benjolan pada Payudara Tidak Selalu Kanker, Kenali Lebih Lanjut!

24 Mar 2019

Ketika Anda menemukan benjolan pada payudara, apa yang terpikir di benak Anda? Kanker? Tenang, tidak selalu benjolan yang ada pada area sensitif itu adalah kanker. Beberapa di antaranya memang berbahaya dan patut diwaspadai. Namun, beberapa lainnya juga tak berbahaya, kok! Yuk, kenali lebih lanjut agar lebih mengerti!

Karakteristik Benjolan yang Ada pada Payudara

Sebelumnya, Anda harus tahu karakteristik dari benjolan yang ada di payudara dan ternyata tidak berbahaya. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir berlebihan dengan adanya benjolan tersebut. Karakteristiknya adalah benjolan tersebut padat dan tidak bergerak seperti buah yang dikeringkan.

Karakteristik lainnya adalah benjolan tersebut memiliki besar seperti buang anggur. Bentuknya lembut dan juga berisi cairan serta dapat bergerak. Lalu, ada juga benjolan yang kecil seperti kacang polong saja.

Lalu, Apa Saja Jenis Benjolan yang Ada pada Payudara?

Ada banyak jenis benjolan di payudara yang sebenarnya tak berbahaya namun Anda juga patut mewaspadainya. Benjolan-benjolan tersebut terjadi karena berbagai hal seperti pmbentukan jaringan kelenjar susu yang berlebihan, menstruasi yang tak lagi keluar, hormon dan masih banyak lagi. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut!

  1. Kelainan Fibrokistik

Benjolan pada payudara pertama yang umum terjadi dan sebenarnya tidak berbahaya adalah kelainan fibrokistik. Kelainan ini terjadi kebanyakan pada wanita di rentang usia 35 hingga 50 tahun. Penyebabnya adalah perubahan hormon selama siklus menstruasi bulanan. Tanda dari kelainan ini adalah rasa nyeri pada payudara dan perubahan ukuran payudara.

  1. Kista Sederhana

Jenis benjolan lain yang biasa ditemukan pada payudara adalah kista sederhana. Kista sederhana ini adalah benjolan yang berisi cairan yang ada pada satu atau malah kedua belah payudara. Ukurannya seringkali berbeda dan seringnya tidak menimbulkan gejala lain seperti sakit. Untuk mengobati situasi ini, diperlukan operasi untuk penanganannya.

Operasi dibutuhkan untuk mengeluarkan cairan yang ada dalam kista tersebut. Kista sederhana ini sering terjadi pada wanita dengan rentang usia 40 tahun ke atas namun juga bisa terjadi di usia yang lebih muda.

  1. Papiloma Intraduktal

Kondisi yang satu ini lebih umum terjadi pada wanita yang berusia 45 sampai 50 tahun. Bentuk dari benjolan ini adalah lebih menyerupai kutil pada dinding saluran susu dekat puting. Jenis yang satu ini tidak berbahaya. Namun, pada beberapa kasus yang jarang terjadi, bisa menyebabkan pendarahan pada area puting dan untuk menanganinya harus dioperasi.

Itulah beberapa jenis benjolan pada payudara yang sebenarnya tak berbahaya. Namun, pada kondisi tertentu Anda tetap harus waspada akan kondisi ini. Ketika terjadi penebalan di payudara dengan kondisi tersebut, baiknya Anda segera pergi ke dokter, ya! Nah, kalau Anda mau info lain mengenai kesehatan dan pola asuh lainnya, bisa kunjungi Orami.id saja, ya!

Ketika Anda menemukan benjolan pada payudara, apa yang terpikir di benak Anda? Kanker? Tenang, tidak selalu benjolan yang ada pada area sensitif itu adalah kanker. Beberapa di antaranya memang berbahaya dan patut diwaspadai. Namun, beberapa lainnya juga tak berbahaya, kok! Yuk, kenali lebih lanjut agar lebih mengerti! Karakteristik Benjolan yang Ada pada Payudara Sebelumnya, Anda […]

READ MORE